Posts

CINTAI RUPIAH KITA

Image
"Ada berapa banyak uang yang kamu miliki sekarang?"
   "Kenapa uang ada yang berbentuk kertas dan logam?"
   "Apakah kamu tau sejarah rupiah?"
   "Bagaimana cara membuat uang?"
   "Kenapa dinamakan rupiah?"
   "Kenapa kamu perlu belajar tentang uang?"

Dan masih banyak pertanyaan-pertanyaan lagi. Lalu kenapa sih kita perlu uang?
Kita harus menegenal rupiah supaya kita cinta dengan mata uang kita sendiri

1. SEJARAH RUPIAH
Nama rupiah sering dikaitkan dengan rupee mata uang India, yang berasal dari bahasa sansekertarupya yang berarti koin perak. Namun sebagian berpendapat bahwa nama rupiah berasal langsung dari bahasa Sansekerta dan bukan turunan dari mata uang India tersebut. Kata rupiah sendiri merupakan pelafalan asli Indonesia karena adanya penambahan huruf ’h’ di akhir kata rupya, sangat khas sebagai pelafalan orang-orang Jawa. Pada masa-masa awal kemerdekaan, Indonesia belum menggunakan mata uang rupiah namun menggunakan mata uan…

CARA MENYEMBUHKAN PENYAKIT DENGAN WASIILAH AL-QUR'AN

Image
Jika kita atau orang terdekat kita mengalami penyakit dan mau agar Allah menyegerakan penyembuhan penyakit tersebut, ada cara-cara pengobatan dalam Al-Qur'an
1. Harus yakin bahwa salah satu mu'jizat Al-Qur'an itu bisa menyembuhkan 2. Niatkan untuk ibadah, mendapat pahala, dan menyembuhkan penyakit 3. Baca Al-Fatihah 7x setiap selesai membaca Al-Fatihah tiupkan ke telapak tangan 4. Baca ayat kursi 3x setiap selesai membaca ayat kursi tiupkan ke telapak tangan 5. Baca Al-Ikhlas 3x lalu tiupkan ke telapak tangan 6. Baca Al-Falaq 3x lalu tiupkan ke telapak tangan 7. Baca An-Nass 3x lalu tiupkan ke telapak tangan 8. Baca ayat-ayat penyembuh dalam Al-Qur'an 9. Berdoa, misalnya "Ya Allah jadikanlah telapak tangan hamba ini yang telah hamba bacakan ke atasnya ayat-ayat-Mu yang agung sebagai ruqyah dan penyembuh. Sembuhkanlah ya Allah" lalu tiupkan ke telapak tangan 10. Baca "La hawla wala quwwata illa billah" 11. Tutup dengan Sholawat kepada Rosulullah SAW 12. Lalu usa…

SEKULERISME

Image
Definisi sekulerisme adalah "Sebuah ideologi yang menyatakan bahwa sebuah institusi atau badan negara harus berdiri terpisah dari agama atau kepercayaan." (Google)

Sesuai definisi di atas. Yang di maksudkan sekulerisme adalah negara memisahkan diri dengan agama/kepercayaan, karena menganggap politik itu kotor dan agama itu suci

Saya mulai membahas ini karena saya menonton video di youtube ada seseorang mahasiswa di universitas ternama di Indonesia seakan-akan mendorong untuk menyuarakan Indonesia menjadi negara sekuler

Saya juga mulai tertarik membahas ini karena saya sangat menyadari adanya dosen/guru yang sok-sokan mengajarkan kepada siswa/mahasiswanya kepada hal-hal yang dia sendiri tidak mengetahuinya secara jelas dan nyata

Saya beri contoh nyata, Ustadz Khalid Basalamah pernah menceritakan bahwa dia pernah bertemu seorang dosen yang sedang berkhutbah Jum'at, di dalam khutbahnya tersebut dosen itu berkata bahwa semua agama itu sama saja

Itu baru satu dari sekian ban…

SEMUA AGAMA SAMA?

Image
Pernah gak sih kamu mendengar seseorang yang berkata bahwa "Semua agama itu sama saja?" Apalagi yang mengucapkan itu adalah orang yang (katanya) pintar, berpendidikan tinggi, atau bahkan pemuka agama

Ada yang berkata bahwa setiap agama itu sama saja karena menyembah kepada Tuhan yang sama tapi caranya berbeda-beda

Islam menyembah Allah, Kristen menyembah Yesus, Hindu menyembah Berhala, Buddha menyembah Buddha (maaf kalau ada yg salah). Dari sini saja sudah jelas bahwa agama itu berbeda

Mungkin mereka khawatir kalau agama itu tidak ada yang sama akan memecah persatuan umat beragama dan negara karena kurangnya toleransi

Jangan khawatir! Bukankah setiap agama mengajarkan tentang toleransi? Bukankah di sekolah juga mengajarkan tentang toleransi? Mereka yang tidak bertoleransi adalah orang yang tidak mematuhi  ketentuan-ketentuan pada agama dan sekolah

Tapi toleransi hanya untuk urusan dunia saja, seperti kerja bakti, menolong, belajar, DLL. Tidak dengan urusan akhirat seperti m…

TERORISME

Image
Sebenarnya kata terorisme itu bukan hanya tentang bom atau penembakan saja, karena definisi dari terorisme adalah "Serangan-serangan terkoordinasi yang bertujuan membangkitkan perasaan teror terhadap sekelompok masyarakat" (Google)
Tapi yang ingin saya bahas disini adalah terorisme yang memakai bom atau penembakan

Jawab jujur, ketika kalian mendengar kata 'terorisme' apa yang kalian bayangkan duluan? Bom? Pistol? Atau Islam?

Ya, kita tidak bisa pungkiri sekarang jika Islam semakin hari semakin difitnah karena ada orang di luar Islam atau di dalam Islam yang telah menjelek-jelekkan Islam itu sendiri

Padahal sejatinya Islam tidak pernah mengajarkan tindakan pengecut seperti itu, contohnya bom bunuh diri di kerumunan orang, padahal negaranya sedang damai (tidak ada perang fisik). Karena telah dicuci otaknya, jika dia melakukan tindakan pengecut tersebut dia akan di masukkan ke surga. Hmm apakah Allah meridhoi orang bodoh seperti itu agar bisa masuk ke surga-Nya?

Itu sa…

DI SUATU RUMAH

Image
Ibu: Udah, kalau kamu mau nikah ama dia, pacarin dia aja sekarang, nanti keburu dipacarin orang lain Anak: Emang ibu yakin kalo aku pacarin dia bisa menjadikan dia istri/suami aku? Ibu: Ya kalo nggak ada usaha nggak ada hasilnya, kalo nggak dicoba ya mana tau Anak: Ibu mau uang 5 milyar ga? Ibu: Ya mau lah, siapa yang nolak Anak: Kalo gitu ibu korupsi aja Ibu: Nggak boleh lah, itu kan uang haram jadinya Anak: Sama kayak pacaran bu. Kalau aku mau dia menjadi pendamping hidup aku, ya aku harus ngelakuin hal-hal yang baik untuk ngedapetin dia

KORAPTOR (Maling ketahuan, namun ringan hukuman)

Image
Siapa yang sudah merasa muak dan jijik ketika melihat berita di Indonesia penuh dengan pencuri elite yang diberi nama “Koruptor”? Negeri yang kaya ini dari dulu selalu dirugikan oleh orang-orang miskin yang “gila” harta tersebut. Negeri yang kaya ini juga selalu meringankan hukuman-hukuman yang diterima koruptor
Wahai negeri yang sudah berusia 72 tahun! Kau sudah tidak lagi muda! Kau sudah berpengalaman! Sudah 7 kepala negara yang mendudukimu! Tidakkah kau malu jika kau masih menjadi salah satu negara terkorup!
Wahai negeri yang kaya! Memang benar kau kaya! Memang benar kau sudah merdeka! Tapi ingat! Kau hanya merdeka dari penjajahan fisik saja!
Sayangnya kau masih BELUM MERDEKA dari koruptor! BELUM MERDEKA dari kemiskinan! BELUM MERDEKA dari permasalahan-permasalahan sepele yang seharusnya dengan usia 72 tahun masalah itu dapat diselesaikan atau diminimalisir!
Wahai negeri yang dulunya dijajah selama berabad-abad! Ketahuilah! Kau MASIH DIJAJAH! Tapi bukan dari fisik, namun dari bang…